Saturday, January 2, 2010

Sketsa 6 - Obsesi Vs Obesitas

Saxophone pernah jadi obsesiku ... tapi, sekarangpun masih jadi obsesiku. Dulu, obsesiku adalah untuk punya benda cantik rupawan yang namanya Saxophone itu. Nah .. sekarang, obsesinya adalah ... untuk bisa piawai nyebul Saxo dengan cuantiknya ...
Si cantik ini, masuk dalam kehidupanku kira-kira sejak 5 tahun yang lalu. Setelah menjalani masa pertapaan lebih dari 20 tahun ... untuk ketemu aku, akhirnya Saxo cantik dan antik ini tiba juga di genggaman tanganku yang montog. 20 tahun? Hehehe ... kayanya lebih deh ... karena aku sudah gandrung sama sosok sexy dan bersuara serak-serak becek ini sejak aku kelas 3 SMP. Aku pertama kenalan dengan keluarga alat musik ini dengan sodara terkecilnya ... si kurus langsing: Sopran (bukan the Sopranos yang keluarga mafia itu loh).
Waktu itu, mbakyu-ku anggota marching band di sekolahnya ... karena bosen nggebug-i senar drum, dia pindah jalur ... nyoba peruntungan di Brass Section. Nah, waktu itu dia kebagian megang Sopran Saxophone. Naaahhhh .... dari cuman ngeliat, ngelirik, colek-colek ... sampe akhirnya aku mberani-in diri untuk mulai merengkuh dan mencoba peruntunanganku ... is there any chemistry between us?
Waaaahhh ... ternyata, sekali senggol aku langsung jatuh cinta. Sejak saat itu ... di pikiranku selalu berkelebat gambaran seksi Saxophone. Karena jaman dulu belum era internet (internet yang jaman itu sudah terkenal, bisa didapetkan di warung - warung kopi terdekat: Indom** Kornet .. yang kalo ditaburi parutan keju ... waaahhh, dahsyat rasanya!!!), aku mulai mencoba cari tau tentang keluarga si "cantik" ini dengan cara nyantroni perpustakaan terdekat. Perpustakaan di skolahanku ternyata ndak punya literatur tentang Saxophone yang memuasken. Jadi, aku mulai merambah ke perpustakaan umum sampe perpustakaan Nasional. Hehehe ... perjuangan demi informasi yang bener-bener "mengganggu" tidurku siang dan malem.
Dari temenku yang indo Jerman, aku dapet info ... "Jo, kamu sesekali pergi ke Pasar Baru ...kalo kamu mau, ikut aku aja ... aku musti beli reed untuk Clarinet-ku. Di toko itu ada banyak Saxophone. Lumayan kan ... buat ngobatin kangen".
Ajakan Ndai - temen baikku itu langsung aku sambut dengan gembira. Pulang sekolah, aku ikut duduk di kursi belakang VW Kodok warna ijo muda keluaran taun 67 itu .... waaahhh, jok-nya mentul - mentul ... jauuuhhh dari jok Metro Mini yang dari Fiber Glass dan ndak dilapis busa sama sekali itu. Sampe di sana, rasanya aku udah ndak sabar untuk "terbang" menuju etalase yang mamerin berderet-deret Saxo cantik jelita: Amatti, Weril, Conn ... Yamaha bahkan Selmer Paris ... dari Sopran, Alto, Tenor sampai di jangkung Baritone ... semua berjejer dengan manisnya di balik etalase kaca yang walaupun cuman 2 meter dariku, rasanya jauuuuuhhhh sekali dari jangkauan tanganku. Dalam benakku ... cuma ada 1 pertanyaan, "Duh, Gusti Allah .... KAPAN yah?"
23 tahun ternyata ....
Penantian terwujudnya sebuah Obsesi ternyata panjang - panjang enggak ... kalo dietung-etung, waktu 23 taun bukan waktu yang sebentar to? Tapi kalau semua itu memang harus dilewati untuk menggapai impian ... obsesi ... wis to ... pantes!!! Kalo minjem kalimat hikayat Melayu ... "Dahaga karena kemarau 23 tahun ... di basuh dengan hujan semalam".
Mak nyyuuuussss !!!
Leganya perasaan ... meluap-luapnya hati karena gembira ... aku bola - bali mesam - mesem. Aku buka kotaknya, tak lap, tak sebul, di lap lagi, masuk kotak lagi ... baru 2 menit udah kangen ... buka lagi, di lap lagi ... HEHEHEHE ... begitulah cinta.
Sekarang giliran mengejar obsesi tahap berikutnya ... gimana caranya si cantik ini bisa diajak "menyanyikan" lagu lagu yang bisa bikin hati orang seneng ... bisa bikin orang senyum ... dan diem - diem mulai ikut senandung. Pikiranku udah melayang jauh ditiup angin khayalanku ... sambil semendhe (bersender - red) di teras rumahku ... aku mengembangkan layar impianku ... aku, saxo-ku, temenku, piano, gazebo, musim gugur, sore - sore, angin dingin, kopi panas di tumbler ... hehehe ... khayalan Paijo ketauan banget kebanyakan nonton filem drama romantis dan kebanyak baca buku roman - romanan ...
Tapi, temen-temenku, betapa indahnya hidup dengan musik ... aku yakin kita semua setuju to? Bahkan kalo diriset dengan sangat jujur, aku percaya bahwa nyaris semua orang akan punya ato setidaknya pernah punya cita - cita, angan - angan, bahkan sampai obsesi untuk bisa main musik. Walaupun .... ternyata ... mengejar angan itu ndak gampang juga. Bahwa belajar main musik itu butuh ketekunan, kesabaran, kemauan, kegigihan dan ke - an, ke - an lainnya ...
Bayangken ... waktu aku lagi niat - niatnya mau latihan, tetanggaku yang paling galak di ujung jalan ... kok ya pas sakit gigi. Pas aku udah ngurung diri di kamar (plus ngancing jendela rapet - rapet) - supaya suara 'ngak ngek ngok' dari tiupan saxo-ku ndak terlalu lantang terdenger ... lha kok ya AC kamarku ngadat ... selalu ada halangan ... selalu ada tantangan ... pas semua kondisi sempuran ... aku-nya yang males latian. Hehehe. Kumplit to?
Maka dari itu ... aku kepikiran ... mengejar obsesi kok ya mirip sama mengalahkan obesitas yah? Coba kita liat acara Reality Show di Hallmark Channel itu ... "The Biggest Looser" ... betapa orang yang guede - guede itu ditimbang, diajak olahraga, diatur makannya, ditimbang lagi ... diajak saling bersaing ... ndak jarang mereka sampe nangis - nangis karena kondisi yang harus mereka hadapi ... persaingan yang kejam dan keras ... dan seterusny dan selanjutnya.
: )
Refleksi perjalanan dan pemikiran hari ini, kembali membawa dan mengingatkan untuk selalu legowo dengan apapun yang kita hadapi di dunia ini. Ngejar Obsesi ... jangan sampe bikin jadi obesitas ... menggapai mimpi jangan juga sampe ngorbanin diri sendiri .. apalagi ngorbanin orang lain (ih amit amit yah) to?
Seberapa banyak ARTI yang sudah kita torehkan dalam kehidupan kita di dunia … itu yang harus jadi pilihan hidup kita. Jojo Paijo melaporkan untuk Book of Jo.

No comments:

Post a Comment