Saturday, July 4, 2009

Sketsa 1
Pagi ini ... Seperi standarnya hari senin, aku berangkat much earlier sebagei antisisapi macetnya kota jakartaku yang tercinta ini.
Tapi ternyata gak seburuk dugaanku, jalannya agak-agak lancar. Jemputanku nongol jam 6.50wib, lalu mak ndleseeerrrr. Jam 7.10 aku sudah beeanjangsana di cafe (alias warkop) Sehati di belakang kantorku.

Perjalanan yang nyaris tanpa kesan karena di 80% perjalanan, aku menulikan perhatianku dengan menjejalken earphone di kupingku. Nyaris? Iya... Lha wong dalem perjalanan aku dapet kabar kalo temenku sakit sampe mau dibawa ke rumah sakit je. Sakno men koncoku ... Tapi sebenernya sambil mikir, "walah, pasti kantor di wing-ku soyo sepi". Ternyata dibalik bersimpati sama temen kita, masih tetep ada muatan politiknya. Hehehe.

Di kantor ... Seperi udah diduga, suasana sedemikian lengangnya. Senen, liburan anak sekolah, ngabisin jatah cuti, baru gajian ... Hehehe. Kombinasi ampuh yang bikin kantor makin sepi.

Jarum jam aja keliatan bener malesnya. Perjalanan jam dari angka 9 ke 12, lueeelllleeeeettttt banget!!! Sumpah! 10 menit menjelang jam 12, aku ngajak temenku ... Aki buat turun dengan dalih klasik.

"Ki, turun yuk. Ntar lagi liftnya penuh sama orang taiwan loh".

Ternyata ampuh jo!!! Aki kontan bediri sambil nyamber dompet dan handphone. Eh, ralat ... Nyamber handphone dan dompet. Secara, hari gene ... Handphone rasanya jauh lebih primer daripada dompet. Ya toch? Hehehhe.

Di depan lift.... (Kalo minjem istilah si nDut....), "Tuhan Maha Adil, mas!" ...., kita ketemu sama pak Babeh.

"Mo makan dimana lu? Gak mau ngajak gue makan bareng yah?!", yang artinyaaaaa .... "Elu berdua kudu makan bareng gue ...".

Hehehe. Ndak masalah sih ... Lha wong kita juga belum tau mau makan dimana.
Walhasil, kita turun bareng dan pergi makan di Samudra Benhill. Hehehe. Alias makan ikan goreng (dahsyat buanget!!!) Di restoran Pagi Sore. Uennaaaakkkk tenan. Makan dahsyat diiringi alunan lagu kroncong live.

Closing the noon session, kita ngupi di DB ... Strong one! Mayan dah ... Abis kena ikan goreng plus sambel segeto ... Ganjelan cafein cukup nabok buat bikin mata melek. Haha.

The rest of the day ... Oke oke aja. Meeting dahsyat took place smoothly. Tapi PR rentetannya yang very challenging.

Sesaat sebelum jam 5, my old buddy give me a call. Minggu lalu memang kita udah sempet ngobrolan untuk wisata kuliner sore di sputaran Benhill. Waktu itu dahsyat banget karena terbelah jarak ribuan kilometer ... Yang satu di Surabaya yang lain di Jerman, yg diomongin mie Aceh yang lokasinya di Benhill. Hahaha. Kontan nyebut 4 tempat kan?

Eniwei, akhirnya kita ketemu jam 6.15pm. He text me,"Big bro, aku di DB yah".

After that, kita jalan menuju TKP sambil ngobrol yg ringan dan lucu. Pak JeKa aku ajak menempuh the shortest route, nembus pasar Benhil. Gak lama kemudian, kita udah duduk manis di resto masakan eksotis itu. 2 Mie Aceh Special Udang ... Plus 2 the Tarik yg versinya "lebih dahsyat" menurut pak JeKa ketimbang yg ada di negri penyandera Manohara. Haha. Sejatinya Teh Tarik .... Dari NAD!!!

Tekstur mie gak kerasa lagi ...yg kerasa adalah gamparan rempah super dahsyat, udang seger yg ukurannya mantafff dan acar bawang merah yg sumber badai Katrina di saluran pencernaan. Hahha. Sambil ngobrol yg ringan ringan (bukan ngobrolin kerupuk yah - red), kita menyelesaikan hidangan yg kaya "rempah" Aceh itu.
Tanpo taraso ... Kuliak kapalo takalupak dengan sukses ... Keringet membanjiri kepala, muka dan leher!!! Mantap jo!!!

Dengan sedikit mangap mangap, diseruputlah Es Teh Tarik .... Ccceeeesssss .... Bagai siraman air surgawi! Haha. Emang pas banget dah. Over taste rempah Aceh yg "nampol" ditenanhkeun dengan aroma dan rasa teh campur susyu. Nahh .... Ini baru enaaakkk. Sekarang giliran ngobrol2nya.

Salah satu topik bahasan yang menarik untuk melengkapi anjangsana ini adalah seputer temen-temen kita sendiri. Bukan dalam format gosip. Sumpah bukan. Tapi diskusi untuk memperkaya khasanah pertemanan kita di masa yang akan datang.
Intisari diskusi adalah ... No matter how good we are to other, kadang masih salah langkah juga. Nyoba untuk selalu jadi orang baek aja, masih ada yang gak suka sama kita. Apalagi jadi orang congkak bin culas. Abisss karcisss dah.

Nah, pak JeKa yang sangat stabil inipun ternyata sempet agak gemes. Mungkin menjelang marah. Mmmmm, gak heran sih. Karena walau oom kucluk si subyek permbicaraan ini gak berbuat sesuatu keaiban ke pak JeKa, tapi yang dilakukennya ke temen kita yang lain emang patut bikin kita ngelus dada. Lha wong temen sendiri. Mana udah direken bes pren je. Kok malah menggunting dalam liburan ... Kok ya tega teganya.

Nah, di perjalanan pulang yang panjang .. Aku refleksi diri dan hati. Apa yang aku akan lakuken ...seandeinya (amit amit jabang bogel) aku yang jadi kurbannya. Walah, ternyata dalam pikiranku yang mencoba menghadapi hidup dengan legowo ini, tersimpan sejuta ato bahkan semilyar skenario zadddiiizzzzz. Gergaji pake chainsaw tumpul, masak pake minyak mendidih, senggol pake buldozer, lepas di kandang banteng edhan, cemplungin di kolam belut listrik, kirim hantunya pendekar mabok yang gak kena alkohol udah 3 minggu dan berbagei kekejaman lainnya. Adrenalinku kontan berontak: leher menegang, dahi kisut ... Dadaku nyut nyutan .... Tiba tiba ... Pak supir K56 ngerem dengan dahsyatnya. Ccccciiiiiiiiitttttttt !!!!!! Tapi gak nganti Gubrakkk. Padahal muka orang2 kaya nunggu buny penutup itu. Hehehe. (Bukti kalo orang pulang kerja dengan berbagai latar belakang pun masih bisa sadis toh! Hehehe).

Pikiranku yang tadinya lagi berandai2 dengan skenario filem suspense kacangan kontan buyar dengan benjolnya jidatku karena dengan mesra mencium dinding pemisah antara ruang fenumfang dengan kabin sufir.
Mata setengah nanar langsung menjelajah arah depan mobil angkutan ini.

"Mana si pangkal bencana ini .... Jiangkrik!!!"

"Aniaya!!! Siksa!!! Rajam!!!"

Aku sebenernya sambil nunggu reaksi oom supir untuk menggelontorkan kata kata pujian nan tak senonoh ke mobil tinggi gede TOY*** Fortu*** yg mendadak sontak keluar dari kompleks perumahan dengan gagah perkasanya.
Lha ... Paijo salah ni ye!!! Ternyata bang Luhut yg tangannya segede pohon kelapa itu cuman ketawa kecil dan ngucap,

"Kasian yah ... Mobilnya keren gitu tapi gak punya sopan santun. Pak - Bu (ngomong ke arah penumpang), maaf yah kalo saya barusan ngerem mendadak"

Mak ccceeeeesssssssss .... Muka sesama penumpang yang udah siap nerkam mangsa kontan dingin dan kalem.

"Iya bang ... Gapapa kok. Yang waras ngalah aja yah"

Hehehe ... Itulah makian paling kasar yang akhirnya keluar.

"Marah-marah juga gak bakal bikin benjolmu kempes, kan Jo?"demikian kumentar Wise Jo yg duduk di pojok bijaksana hatiku ....

Hehehe ... Akhirnya aku berkeputusan untuk senyum sendiri ... Sambil menghayati elmu sakti dari kalimat tadi "sing waras ngalah".

Frase 3 kata yang kalo kita resepin dan pikirin ...bener-bener kuat messagenya. Fight fire with fire ..mungkinnnnn ada kalanya bener. Tapi, kilang minyak terbakar yang dipadamin pake dinamit ato bahan peledak apapun jenis itu ...tetep aja bikin kerusakan yang recoverynya gak sebentar kan?

Lha kalo kita ngomong perasaan ....apa gak lebih kompleks lagi. Secara gitu ya bo ....orang tuh tendensinya forgive but never ever ever will forget. Jadi back to square one.

1. Kalo toh kita ini udah mencoba sekeras kerasnya untuk selalu jadi orang baik ... Masih juga ada yang bisa kesel sama kita.

2. Sing waras ngalah. Kalo ada 2 pihak yang (awalnya) berdiskusi trus jadi berseteru ...dgn seru dan kadang kala saru (hehehe)... Bisa dipastiken, pihak yang akan memenangken per-eyel-eyelan itu adalah pihak yang mencoba paling dulu untuk jadi orang waras.... Alias sehat .... Alias tenang .... Alias logis bin objektip. Yang kekeuh mengumbar nafsuh lan emosih bisa dipastiken akan jadi pihak yang am-siong. Lha gimana ...lagi gak emosi aja ngomong masih bisa salah. Apalagi kalo abis2an sedang dilanda emosi. Dimana sudut logis di otak lagi tersungkur dijajah perasaan dan ego.

3. Once we hurt someone's feeling ...rasanya sih impossible yah, bahwa orang yang perasaannya kita lukai itu bener bener bener bener bisa melupakan apa yang pernah kita lakukan. Jadi make sure ....pick your words wisely. For it may be your last.

Nah...selesailah perjalanan Paijo hari ini. Setelah menjelajah puluhan kilometer pergi pulang, melotot di depan komputer ber-jam-jam, menandaskan 2 cangkir kopi warung dan sekian porsi makanan plas plus cemal cemil.... Refleksi perjalanan hari ini kembali membawa dan mengingatkan untuk selalu mencoba legowo dengan apapun yang kita hadapi di dunia ini.
Jojo Paijo melaporkan untuk Book of Jo.

Sent from my BlackBerry®

powered by Sinyal Kuat INDOSAT

1 comment:

  1. wkwkwk. thanks ya mas Jojo..seeru banget ceritanya apalagi yang di depan Lift..haha

    ReplyDelete