Wednesday, July 22, 2009

Sketsa 4 - Pushyyiiinnngggg!!!


Sketsa 4 - Pushyyiiinnngggg??!!!

Punya kerja pusing, gak punya kerja lbh pusing.
Punya pacar pusing, gak punya pacar juga pusing.
Punya duit pusing, gak punya duit ampuuunnn pusingnya.

Ternyata pusing itu bukan hasil dari kondisi punya, kepunyaan atopun ke ndak punyaan. Sama sekali bukan je.

Aku inget banget waktu aku baru menyunting nyah Paijo yang pipinya bunder uwer uwer (Hehe.... I lv yu nyah). Waktu itu kita sepakat buat langsung belajar mandiri. Langsung berdiri dengan limbung dengan kaki kita yang masih gemeter dan merinding disko. Langkah pertama adalah dengan "ngambil" rumah mungil (dan luar biasa berumur ...plus teman-teman baru sing ora kethok rupane) di salah satu gang MHT (projek Mohammad Husni Thamrin ala pemda DKI yang bikin jalanan super mini alias gang, jadi lebih rapi dan manusiawi) di kawasan Jakarta Pusat.

Wah, senengnya "main" rumah-rumahan. Belanja ini itu ...sapu, pengki, tempat sampah, tabung gas, kompor dan kawan-kawannya. Sayangnya saat itu kantongku dan nyah Paijo masih lumayan ceper. Hehehe. Jadi kulkas dan mesin cuci masih di vision board. Walhasil, tiap malem nyempetin mampir di depot es buat beli es batu ...nge-recharge cool box yg dipake nyimpen sayur, buah dan minuman. Hehehe. Roso-rosone koyo kemping ning kutho. Seru!

Kalo ya males masak ...karna badan udah remuk lebur abis kerja seharian ...kita tinggal duduk manis di ruang tamu lilipyut sambil buka pintu dan menanti (dgn raut muka kaliren ...aliyas kelaferan) suara – suara godaan, seperti:

"Sssaaatttttuuuueeeee !!!!" à kalo inget tukang sate … aku selalu inget Suzanna (alm.) yang main jadi Sun*** Bol*** .. trus yang jadi pembantu sekaligus asisten setianya … Kong BOKIR … TING!!! Hehehe.

"Kring kring ... Maayyy ... Sssooomaayy"

"Dug dug dug", bukan suara bedug … tapi suara ngebasss dari gedugan (kalo kentongan harusnya suaranya .. Tong Tong Tong !!! dong yah) tanpa teriakan ..yg artinya nasi/mie goreng dug dug ala suroboyo.

Secara yah jarak dari ruang tamu kita cuman se"ludahan" dari jalan … jadi suara-suara itu demikian menggemanya di rumah kita … secara nonton Pelem di Cineplex yang suaranya pake speker Soruuunnn … hehehe.

Bahkan, kita berdua bisa bermain sok cenayang … sebelon tukangnya tereak … kita udah bisa nebak, jenis teriakannya. Darimana? Hehehe … cukup dari wangi yang merebak di seluruh rumah … mantep to?!!!

Nah, mbalek maning ke pembicaraan semula … PUSING? Lah … kalo mau dibawa pusing … yang pasti pusing sedekit nelongso (sedih, susah, gundah gulana …). Baru pindah ke "rumah sendiri", belajar mandiri … sampe-sampe makan aja musti diatur-atur … diatur sesuai jadual perut, jadual pedadangnya juga dan pasti berdasarkan tanggal gajian (semakin deket ke tanggal gajian … maka semangkin sederhanalah hidangannya … hehehe). Tambah lagi … kalo mau pergi-pergi, musti kudu rajin periksa ramalan cuaca (reg spasi ramal spasi badai … kirim ke mbah-mu dukun!!!), karena pas di atas tempat tidur kita … gentengnya sering geser (thanks to segerombolan kucing garong yang suka bener transit di atas rumahku) dan mengakibatken air cucuran genteng, jatuhnya ke kasurku juga. Hehehe. Walhasil … kasur harus dipasang dengan gaya standing dulu !!! Trus pas di posisi yang mana daripada biasanya sang air akan mampir, kita pasangi ember. Huahahaha … sekali peristiwa, embernya abis dipake ngerendem seragam sepak bola-ku (yang duhay kecutnya …). Pas pulang dari jalan-jalan (dan kok ya pas ujan gede …), rumah kita semerbak dengan parfum au de celeque. Hehehehe … manteeeeppppp !!!!

Lha? Apa ya bikin pusing?

Sebenernya dan sejujurnya … memang pusing dan sedih… pada waktu itu. Tapi kalo sekarang diceritain, aku malah bisa ketawa-ketawa mbayangke masa lalu yang sedemikian indahnya itu. Aku lebih kasian sama temen-temenku yang ndak pernah punya cerita lucu bin dodol semacem itu. Modal buat cerita lucu ke anak cucu yang penuh makna kehidupan jadi beda versinya, to?

Sketsa Pusing berikutnya … menginget pager rumah kita cuman berjarak 4 jengkal dari dinding rumah … dan rumah mungkin ini ndak punya tempat sampah permanent, akhirnya kita masang tempat sampang dari wadah bekas sayur yang bahan dasarnya anyaman bambu kasar.

Tapi kok ya tukang sampahnya itu sedemikian rajinnya yah … waktu ngangkut sampah, tempat sampahku (yang memang mungkin sangat menyerupai sampah) sekalian diangkat!!! Huahahahaha. Matengmu kapan!!! Belajar dari peristiwa ini, kita jadi ati-ati … lha, yang jelek aja diangkut … gimana kalo tempat sampahnya kebagusan??!! Hehehe.

Walhasil, sampah dikantongi pake kresek trus digantung di pager … walah, lebih dahsyat lagi … setelah kerajinan ngangkut sampah sama tempatnya … sang Sanitary Engineer mangkir dan gak ngambil sampah hampir seminggu. Halahhhhh!!! Gang MHT kita yang tercinta itu semerbak dengan aroma asem dari kuah sampah … dan rame dengan illegal alien yang kecil, hitam dan bersayap … Fly Brothers aliyas lalettt …. Yeeekkkk!!! Gimana? Makin mantep??? Hehehe.

Tapi semua hal indah pada saatnya … karena pak insiyuuuurrr persampahan ngambek … tiap pagi kita akan nenteng sampah yang dibungkus dengan lebih rapi untuk dibawa pergi. Sambil berangkat kantor, di"uncalkanlah" (dilemparken) ke tong sampah RT/RW tetangga yang Pak Sampahnya masih setia menjemput paket sisa rumah tangga itu. BERESSS!!! Gitu aja kok repot??!!! Hehehe. Lha, ternyata pusingnya bisa berkurang tu …

Skenario pusing berikutnya (kalo di"slice and dice" dan ditayangken jadi sinetron … mungkin akan berjaban dengan Tersanjung … yang bisa sampe season 34 itu … hehehe) …

Aku inget waktu itu pulang kantor ... Jam 9 malem dari kantorku tersayang ... Secara yah, Paijo belum mengecap the luxury of mobil pribadi buat ngantor tiap hari, maka jam segitu itu ...aku dengan setia mejeng di halte bus sebrang kantor untuk nunnggu jemputan massal-ku. Waktu busrobak itu dateng ...aku dengan gegap gempita menyerbu ke arah pintu. Lha kok ya ternyata orang kantoran yang nge-lembur tuh banyak juga yah ... Jam 10 malem bus-nya kuebeeekkkk (fenuuhhh) buanget. Tanpa pilihan, aku meng-extend jam berdiriku untuk menuju mi casa di gang senggol tercinta.

Belom genep 5 menit, jidatku mumbul karena di"cium" gitar pengamen ... Hehehe. Assseeeemmm tenan! Lha lucunya lagi ... Belum genep menit kaping doso (ke sapuluah), ujan gledek mengganyang jalanan kota Jakarta tercinta ini.

Bayangken sodara-sodara....bus patas ac yg fenuh dengan udara kaleng yg sepoi sepoi gak dingin, musti dibekep lebih ketat lagi karena ujan di luar begitu dahsyat!!!! Eta aroma baju gak kering campur keringet campur debu campur minyak wangi, PPO, rheumason dan gorengan ....mbluleg jadi satu!!!! Mantttaaaapppp!!!!! Huahahahha.

Pada saat itu, Paijo rasanya kepengen naik darah ..."Hidup gak adiiiilllll!" .... Bibirku kriting mrengut, jidatku nyut-nyutan saking sebelnya ....saat aku lagi asik2nya bersumpah serapah dalem hatiku yang berantakan ini ...aku ndenger ada suara halus seorang ibu yang ngomong ke anak laki-lakinya ....

"Wah, untung ya mas.... Kita udah tinggal berdiri di dalem sini. Coba kami liat tuh ....kasian yah orang-orang yang masih nunggu bis itu", seraya nunjuk sekelompok penanti bis kota yang lagi uwel-uwelan di halte yang jauh dari layak ...mencoba bertahan sekering mungkin sambil manjang-manjangin leher untuk "browsing" nomer bis yang akan datang menjemput mereka ....

Mak nyyyeeesssss ....tiba-tiba hatiku serasa disiram air sejuk dari mata air pegunungan!!!

Temen-temenku terkasih ...aku tiba-tiba diajak, diajar, di-ingatken untuk melakukan sesuatu yang luar biasa sederhana ....walaupun luar biasa menantangnya!

Bersyukur di saat "susah" .... Ada 2 hal yang menghenyakkan aku:

1. Bersyukur di saat menang lotre, di-promosi, pacar nerima "tembakan" ...dan skenario indah lainnya itu memang jaaauuuuuhhhhh lebih gampang. Karena hati kita lagi sumringah ...dan apa yang jadi ekspektasi kita matching sama kenyataan. Di saat seperti ini ...mengucapken Puji Syukur pada kawelasan Gusti Allah jadi ringan rasanya. TAPI ....pada saat harapan kita gak sesuei dengan apa yang kita harus hadapi? Piye? Gampang kah? Jujur ...jawaban spontanku ..."Lha wong lagi susah je ..... Nanti kalo sudah enak...aku pasti ngucap!".

Lha, saat aku "di-inget-ke" oleh si ibu itu, aku sadar akan suatu hal, sesusah-susahnya kita (ato apa yang jadi perasaan kita)....masih ada yang lebih susah dari kita to?! Saat itu juga Paijo seperti digampar .... Digampar oleh kenikmatan yang namanya "berserah"! Ternyata, bersyukur pada saat kita merasa ndak nyaman itu ...intensitasnya sanggup meluberkan lautan hati kita. Indah ...polllll!

2. Susah, seneng, untung, buntung ....yang akan berujung pada skenario "pusing" kita masing-masing ...bener-bener ndak relevan pada waktunya. Tapi pada saat yang tepat ...semua terkesan indah dan bermakna.

Pertanyaannya, apakah kita cukup berani untuk menghadapi kondisi apapun yang ada di hadapan kita dengan legowo?! Karena, Paijo merasa dan percaya bahwa akan ada perbedaan yang signipikan pada hasil ahkhirnya.

Saat kita berani menghadapi suatu kondisi yang ndak enak buat kiat ...dan tetep mencoba "tersenyum" dalam melaluinya... Pada saat badai serupa dateng, kita sudah persis tau ...harus mengambil sikap bathin dan langkah yang akan memperkaya khazanah elmu hidup kita...bikin kita tetep sanggup mengembangkan senyum di saat pait (dan hati mengucap Syukur yang tulus tentunya). Kita akan jadi orang yang "kaya"!

Walhasil bin kesimpulan hati Paijo; pusing itu aseli-ne buah karya dan pikir kita sendiri. Apapun kejadiannya, selalu masih ada pilihan. Mau tenggelam dalam pusing atau mau mendayung dan menjauhi pusaran pusing itu sendiri.

Masih Pusing? Hehehe ...

Smoga buah pemikiran ceplas ceplos ini - yang kadang-kadang cenderung edhan ini ... bisa memberikan makna bagi siapapun yang membacanya ... bahkan untuk aku sendiri ... setiap kali
aku mbaca jurnal lelaki jogja ini.

Refleksi perjalanan dan pemikiran hari ini, kembali ingin mengajak dan mengingatkan kita-kita semua untuk selalu legowo dengan apapun yang kita
hadapi di dunia ini ... Dan seberapa banyak ARTI yang sudah kita
torehkan dalam kehidupan kita di dunia ini. Jojo Paijo melaporkan untuk
Book of Jo.

Monggo dipun klik: http://www.jojopaijo.blogspot.com/

1 comment:

  1. hidup akan sangat berarti jika kita mau melihat dari kacamata bersyukur... thanks Mas G.

    ReplyDelete