Thursday, July 9, 2009

Sketsa 3 - Kucing Kurus Mandi di Papan


Kucing kurus mandi di papan - Sketsa 3 Coba kita tela'ah sepenggal kalimat ini yah ....

1. Subyeknya si kucing yang diberi keterangan "kurus" ... Artinya ini adalah Subyek yang menderita (bukannya Subyek Penderita)...secara kurus!!! Hahaha ...

2. Kata kerjanya Mandi ...walaupun mandi gak bisa disebut kerja ...kecuali kalo "memandiken" ...nah ini baru kerja. Apalagi mandiin anak yang bedigasan (gak bisa diem - red), ini kerja keras sekaligus makan ...makan perasaan. Hehehe.

3. Di Papan ...kata keterangan tempat ...walaupun, papan sama sekali bukan tempat. Tapi nyata-nyata kita bisa ngerti kalo si papan itu saat ini nyang dimas'ud adalah sebagei tempat.

Nah, walopun kalimatnya kalo ditela'ah dengan tata bahasa sok tau a'la Paijo (yang baru lancar bahasa indonesia 3 taun terakhir ini) kayanya kok modho-modho aneh yah... Tapi yang lebih aneh lagi, kekuatan dari sekelompok kata ini ... Untuk orang-orang dari generasi tertentu ...begitu akrab.

Buat aku ...begitu denger kalimat ini, kontan inget muka Mas Kasino yg nyanyiin lagu ini dengan penari latar berkostum timur tengah tapi dengan logat Cilacapan yang kentel. Hehehe ...

Kalo gak pernah liat, sabar yah ...tunggu aja Lebarab depan. Biasanya kita akan dijejelin sama filem warkop DKI dari Dongkrak Antik sampe judul terakhir yang aku juga gak inget judulnya apa ...tapi inget sama kostum figurannya ... Hallaaaahhhh. Less is more!!! Trus ditonton sama anak-anak … yang repot bapak ibunya mencoba njelasin kalo itu sebetulnya gak membumi … gak real .. hehehe. Modharo kono!!!

Tapi sebenernya bukan ini yang jadi kembangan pikiran Paijo di awal tulisan ini. Si laki laki Jogja ini kepengen iseng iseng ngulitin statement "kurus" dan korelasinya dengan istilah "susah ...ato mlarat ...ato mblangsak!!!".

Pertanyaan pertama yang parkir di kepalaku adalah ..."Apa iya ...kurus itu artinya susah?!!!". Secara yah .. Paijo itu beratnya di kisaran 95 sampe 105!!! Jadi jelas2 gak pernah kurus. Tapi ...apa ya artinya aku gak pernah susah yah? Ammmiiiiinnnn!!!!

Trus, kalo toh kurus itu identik dengan susyah ...kenapa juga sekelompok orang mati2an diet supaya kurus kering dan nampak lebih "trendy" by their standard. Hehe.

Terus laggiiiii ….Kalo toh kurus itu sama dengan kantong cekak ...kenapa juga ABG ABG overweight berlomba "ndodosin alias ngempesin" kantong bapak ibunya buat beli obat pelangsing, alat sit up, stagen pake getar plus listrik ...yang dijual sama iklan TV dengan gencarnya?! Yang harganya bener-bener bikin kantong bapak ibunya "kurus bin kempes". Pedehel.... Nantinya benda2 itu cuman akan jadi penghuni lemari ajah. Boro-boro bikin kurus!!! Hehehe.

Gak heran ...benda2 gini akan terus laris sepanjang jaman. Karena kekurusan … ato setidaknya menjadi "nampak" atau "berasa" kurus … tetep jadi idaman sebagian penduduk bumi yang juga penikmat acara iklan telepisi.

Belum lagi fenomena tempat pitnes yang maha dahsyat!!! Jutaan rupiah ...buat jadi anggota. Dapet kartu anggota yang keren punya. Dapet kaos, anduk dan ransel...kereeennnn.

Tapi ke pitnesnya cuman 1 kali sebulan ...jadi kalo harga iuran taunannya 6 juta aja ... Sekali dateng sama dengan 500ribu ... dong yah? Hehehe. Kalo aku yang punya pitnes … kalo anggotanya bayar 500 ribu sekali dateng … jangankan kaos, ransel dan anduk … 'tak tambah pijet refleksi sekalian potong rambut gratissss … hehehe.

Lah … lucunya ...cuman dengan make baju yang pake lebel tempat pitnes tertentu itu ...beberapa orang (biasanya laki-laki) udah merasa bulu keleknya njegrak (atawa berdiri dengan kaku) sehingga ndak bisa rapet (hehehe ... Apa ya latisimus dorsi itu tumbuh cuman dengan ganti baju?!) atopun ...tiba-tiba meliak meliuk bergaya pragawati yang kurus mekingking ...hehehe.

Unik memang yah ...bageimana sepotong kaos dengan logo anu ...bisa merubah pikiran seseorang. Dahsyyyaaaatttt.

Nah ...kalo memang kurus itu identik dengan sussaaahhhh ... Kok ya banyak orang yang becita-cita jadi orang "susah" yah? Mantep to? Berani keluar duit banyak ..waktu ..air mata ...keringet dan daki ...buat jadi "susah". Hehehe.

Mungkin ini sekedar pikiran nakalku aja. Tapi kalo aku sih gak bercita-cita susah yah. Hehehe. Aku tau ...orang-orang akan bilang bukan kurusnya yang di cari tapi sehatnya. Hehehe. Aku setuju kok ...tapi tenaneeee ....aku sih harus jujur sama diriku sendiri. Semua yang di atas itu udah pernah kejadian sama aku. Ngejar sehatnya? Gak janji deh ... Aku kepengen kurusan supaya bisa punya banyak pilihan baju. Biar lebih gampang cari ukuran celana jeans yang trendy. Biar kaos obralan di FO lebih muat sama badanku yang agak gak manusiawi. Heheh. Aku pengen kurusss ... Lha, kok ternyata yo angel buanget to? Hehehe. Jadi ... Aku menyerah untuk jadi orang yang mencoba "susah".

Lucunya ...waktu aku gak bercita-cita mengejar "susah" look ini, malah bobot badanku melorot 13 kilo. Walhasil... Ini adalah posisi berat badanku yang paling rendah selama 15 taun terakhir. Hehehe. Paijo kok 2 digit!!!

Prestasikah ini? Hehehe. Banyak temenku yang bilang mukaku cekung, kantong mataku dalem, celanaku kedodoran. Luar biasa ...untuk pertama kalinya aku terpaksa motong iket pinggang karena kegedhen (kegedean bin kepanjangan). Hehehe.

Pertanyaan sekaligus pernyataan yang paling banyak terlontar,"Jo, kok kuru banget to?! Ono opo?" .... Lha tenan to ... Kurus masih konsisten berkonotasi susssaaaahhhh. Hehehe.

Lha lanjutan komennya lebih mantep lagi (walo kontradiktis dengan paradigma kurus = susah),"Wah, sukses nih ... Gimana caranya? Diet yah? Fitnes to? Bagi resepnya dong?!" ... Huahahahha ...

Terbukti juga, banyak juga temenku yang mengejar the "susah" look!!! Padahal .....beneran, aku ndak ngapa2in. Makan ya kayak biasa, tidur masih banyak sebagaimana harapanku, jajan masih sak enak'e wetengku ... Ngopi tetep kentel dan legiiii. Ndak ada yang sepesial ...kecuali "santapan" perasaan yang uyeg-uyeg-an (badai Katrina di hatiku … hehehe). Antara kerjaan tambahan, target munjul, budget "menantang", temen-temen lengser dan sebageinya dan sebageinya.

Aku coba ndak terlalu mikirin semua ini sih. Gak mikirin kalo aku jadi kurus … gak juga terlalu tak pikirin (dengan keterlaluan), semua tantangan (kata orang Sales … bilang kata masalah itu haram … negative thinking … dan aku setuju dengan itu) di depan mataku… Yang aku lakuken sekarang ini adalah Hadapi, Hayati, Nikmati … Syukuri.

Hadapi … mau gimana lagi. Lha wong ada di depan mata … mau kita menghindar ke kanan – ke kiri sekalipun, itu cuman menunda mbludagnya kerjaan to?! Jadi ya hadapi aja .. melakuken apa yang terbaik yang bisa aku lakuken: buat Team-ku, buat perusahaan dan buat aku (dan keluargaku). Kadang harus kencenggg … harus "brantem", tapi semua itu kan dalam kapasitas propesonal to?!

Hayati … sambil duduk tepekur, ditemenin sama secangkir kopi TelGiNas (Kentel, Legi, Panas) … mencoba meresapi, apa arti semua hal yang harus aku hadapi, semua langkah yang sudah dan harus aku ambil … Apakah itu semua yang terbaik? Apakah ada perasaan orang yang terkorbankan dengan langkahku, sikapku, perkataanku? Apa yang bisa aku pakai sebagai bekal di masa yang akan dateng … dan seterusnya dan seterusnya. Kadang-kadang, dalem posisi menghayati ini … temen ngobrol (asal jangan jadi ajang curhat colongan … apalagi gosipeun doang) akan sanget membantu … untuk "mengeluarken" kita dari ego kita. Lha kalo kita tipe yang "my way or no way" … mungkin gak perlu refleksi juga … lha wong kita merasa kita yang paling bener je … tapi aku rasa sebagian besar orang gak gitu kok. Jadi, suara hati temen-temen kita (yang bener-bener temen, bisa bilang enggak … bisa bilang kalo kita salah … bukan cuman manggut-manggut asal bisa seneng ajah… ta tooohhh???!!!)

Nikmati … apapun pelajaran atopun pembelajaran yang aku terima .. tak mat-mat'ke .. aku nikmati sedalem mungkin. Kadang perih, kadang pedes … gak jarang juga manis dan bikin kita bangga. Prinsipnya, sing wis yo wis (yang udah terjadi biarkan terjadi) … yang penting, kita siap menghadapi yang serupa di masa depan … dengan sebaek-baeknya (termasuk sebaek-baeknya menata hati untuk managing expectation). Hidup ini indah … La vite E Bella!!! Nikmati … Enjoy ajah!!!

Syukuri … langkah komtemplatif sebagai penghujung hari adalah mensyukuri apapun yang aku alami … "Terima Kasih Tuhan … atas segalanya … semua rencanamu … indah pada waktunya … hanya yang terbaik yang Engkau berikan dalam hidupmu. Amin". Ada seorang sahabat yang share pemikirannya yang indah sekali buat aku …

"Jo … bersyukur itu gak harus duduk diem lalu komat kamit berdoa di pojok ruangan … apalagi di tengah pasar sambil teriak teriak … mengko kowe dikira bakul obat kurap. Syukur itu kapan saja, dimana saja, atas apa saja …".

Luar biasa … kalimat ini demikian membekas dalam hatiku … jadi sekarang aku bener-bener belajaaarrr untuk melakukan itu semua … dan sepenuh hati. Karena gak jarang kita mengucap terima kasih kepada temen kita sekalipun … cuman sekedar karena terdengar enak. Mean it … then it will count.

Nah, temen-temenku … termasuk diriku sendiri (karena aku terus mencoba untuk jadi Sahabat Terdekat buat diriku sendiri) … Kurus = susah = gemuk = makmur = keringet = marah = peniti = pragawati = tongseng kambing Jono Jogja …semua sama aja ..gak penting artinya apa … menurut orang laen apa.

Yang penting … apa yang jadi persepsi kita … yang menjadi kenikmatan kita dan gimana semua itu bisa bikin diri kita naek setingkat .. dari waktu ke waktu. Untuk jadi orang yang lebih baik .. lebih berarti buat lingkungan kita.

Refleksi perjalanan dan pemikiran hari ini, kembali membawa dan mengingatkan untuk selalu legowo dengan apapun yang kita hadapi di dunia ini.

Kucing Kurus Mandi di Papan … ya biarin aja deh … asal bersih dan gak bikin Toxo… Seberapa banyak ARTI yang sudah kita torehkan dalam kehidupan kita di dunia … itu yang harus jadi pilihan hidup kita. Jojo Paijo melaporkan untuk Book of Jo.

Sent from my BlackBerry®

powered by Sinyal Kuat INDOSAT

No comments:

Post a Comment